Pages

Friday 8 February 2013

Narnia : The Magician's Nephew

Pengarang : C.S. Lewis
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Harga :Rp. 27.500,-



Tentukan pilihan, wahai petualang asing.
Bunyikan bel, dan hadapi bahaya genting.
Atau teruslah penasaran, hingga lenyap kewarasan.
Akan apa yang bakal terjadi bila saja kaulakukan.


Dua anak, Digory dan Polly, telah diperdaya Sihir dan paman Digory yang nyentrik. Pamam Andrew. Dia memaksa mereka membuat pilihan yang hasilnya adalah petualangan yang jauh lebih luar biasa daripada mimpi. Mereka menemukan dunia-dunia lain di dalam mata air ajaib, bertemu ratu agung yang juga penyihir kejam, dan tanah kebelian yang baru saja dibangkitkan. Pintu menuju tanah Narnia terbuka untuk pertama kalinya...

Gw tau buku ini udah lamaaa banget. Tapi it's okey ya.
Pasti semua udah tau Narnia (yg ga tau jadul banget), sebenernya ini adalah buku pertama Narnia, tapi nggak dibikin film (atau klo dibikin, gw ga tau).
Buku ini bercerita tentang bagaimana dunia kita dan Narnia bisa saling berhubungan.
Jadi di London, ada seorang anak bernama Diggory Kirke, dia dari kecil tinggal di desa, tapi terpaksa harus pindah ke London karena ayahnya pergi ke India, sedangkan ibunya sakit dan harus ada sesorang yang mengurus ibunya. Jadilah dia tinggal di rumah paman dan bibinya yang sama-sama perawan dan perjaka tua. Paman Diggory ini bernama Paman Andrew dan dia nyentrik setengah mati. Sebenernya gara-gara dia pintu ke dunia Narnia terbuka.
Ceritanya, pada suatu liburan musim panas Diggory bertemu dengan Polly, yang memang sudah sejak lama tinggal di wilayah itu. Terus setiap hari mereka bermain bersama. Bahkan mereka berpetualang melintasi kasau-kasau antara rumah. Nah, gara-gara petualangan sembrono inilah mereka malah tidak sengaja masuk ke ruangan paman Andrew yang letaknya di loteng rumah Diggory.
Di ruang Paman Andrew ini ada berpasang-pasang cincin, masing-masing hijau dengan kuning. Paman Andrew menawari Polly cincin kuning, dan ketika Polly menyentuhnya dia langsung lenyap. Diggory terpaksa menjemput Polly dengan membawa cincin hijau, karena cincin hijau adalah cincin 'kembali'.
Kedua anak ini menemukan diri mereka berada di sebuah hutan hijau dengan ratusan mata air, mereka sendiri tiba di sana dengan cara keluar dari salah satu mata air tersebut. Hutan ini dinamakan hutan diantara dunia-dunia.
Karena penasaran dengan berbagai macam dunia yang mungkin ada, mereka mencoba menjelajah di mata air itu, dan menemukan diri mereka tiba di sebuah kota mati bernama Charn, disini mereka bertemu sang penguasa kota, Jadis. Tanpa sengaja mereka menyeret Ratu Jadis kembali ke London, dalam usaha mengembalikan Jadis kembali ke dunianya, mereka malah salah masuk ke mata air lain dan menemukan dunia yang baru 'lahir' bernama Narnia. Di Narnia mereka bertemu Aslan sang singa, Aslan memberi Diggory sebuah apel untuk menyembuhkan ibunya. Dari apel inilah terbuka gerbang dari dunia kita ke Narnia. Bagaimana bisa? Baca saja sendiri bukunya
Narnia ini penuh dengan cerita cemerlang, dan menurut gw, asal-usul masalah dan penyelesaiannya bagus banget. Terutama bagian gimana bisa tercipta hubungan antar dunia kita dengan Narnia. Aneh kalau filmnya langsung dari buku kedua, soalnya ga ada penjelasan kita tercipta gerbang itu. Jadi coba deh baca bukunya

No comments:

Post a Comment