Pages

Friday 16 August 2013

The Bartimaeus Trilogy - Ptolemy's Gate






Author : Jonathan Stroud
Price : Rp. 55.000,-
Penerbit : GPU
Tebal : 576 hal


Dua ribu tahun telah berlalu sejak jin Bartimaeus berada di puncak kejayaannya---tak terkalahkan dalam pertempuran dan berteman dengan sang empu penyihir, Ptolemy. Sekarang, karena ia terperangkap di Bumi dan diperlakukan seenaknya oleh masternya, Nathaniel, energi Bartimaeus memudar dengan cepat.

Sementara itu, di dunia bawah tanah London, Kitty Jones yang buron diam-diam melakukan riset tentang sihir dan demon. Ia punya rencana yang diharapkannya akan menyudari konflik berkepanjangan antara jin dan manusia.
Nathaniel, Kitty, dan Bartimaeus pun harus membongkar konspirasi mengerikan dan menghadapi ancaman paling berbahaya sepanjang sejarah ilmu sihir.

Bartimaeus kembali!! Omong-omong karena Bartimaeus kepanjangan, kali ini saya ingin menyingkatnya jadi Barty saja ya. Biar cepet.
Karir Nathaniel alis John Mandrake semakin menanjak di pemerintahan, sekarang ia menjabat menjadi menteri penerangan yang bertugas merekrut orang-orang agar bersedia menjadi prajurit dalam perang. Karena saat ini Inggris sedang terlibat peperangan ganas dengan Amerika dan mungkin saja kali ini merupakan saat kejatuhan Inggris. Jin dan afrit dikerahkan, lelaki kuat dikirimkan, tapi keadaan masih tetap terdesak. Bahkan negara lain yang berada di bawah kekuasaan Inggris mulai memberontak dan mengirimkan demon-demon mereka untuk mengacaukan keadaan di kota. Masyarakat mulai membenci pemerintah karena dirasa tidak dapat melindungi mereka. Dan melengkapi semua perjuangan ini, jin bernama Bartimaeus tersiksa di bawah kuasa masternya.
Nathaniel melarang Barty untuk kembali ke Dunia Lain, melainkan terus menahannya di bumi. Alasannya mudah. Hanya paranoia yang berlebihan. Seperti yang kita ketahui, Barty telah terlanjur mengetahui nama lahir Nathaniel, dan Nathaniel takut kalau ada lawannya dalam pemerintahan mencoba memanggil Barty dan kemudian menanyakan nama lahirnya. Karena itulah Nat menolak melepas Barty walau hanya sekejap.
Tentu saja masa penahanan Barty yang lama di bumi membuat kekuatannya semakin melemah, bahkan ia tidak dapat mengangkat wc umum!
Dan pada saat-saat inilah musuh yang licik kembali mencoba menyerang....
Penyelidikan dimulai ketika Jane Farrar, wakil kepala polisi, menunjukan kepada Nat beberapa pegawai rendahan dalam pemerintahan mulai bersikap aneh, bahkan disebut-sebut juga nama Clem Hopkins, seorang cendekiawan yang terkenal berbahaya. Penyelidikan cepat (dengan menggunakan Barty yang lemah tentu) menunjukan bahwa pembunuh bayaran berjanggut muncul lagi. 
Dari percakapan yang mereka kuntit, jelaslah bahwa mereka merencanakan kudeta terhadap kursi dewan di pemerintahan.
Saat akan pergi ke apartemen Hopkins, Barty ketahuan dan dikejar. Barty yang dalam keadaan sekarat dibebaskan oleh Nathaniel.
Di saat yang lain kawan Nathaniel, Makepeace, yang juga merupakan sahabat perdana menteri, menunjukan bahwa dia dapat memasukkan sesosok demon ke dalam tubuh manusia, yang membuat manusia tersebut memiliki kekuatan hebat dan pengetahuan tak terbatas.
Masih di saat yang lain, Kitty memanggil Barty yang sedang bebas tersebut. Dia mencoba mengetahui mengapa Barty senang sekali menggunakan wujud Ptolemy, dan mengetahui bahwa Barty menyayangi Ptolemy, sesuatu yang jarang terjadi. Hal ini terutama karena Ptolemy mau pergi ke Dunia Lain demi Barty.
Ketika dipanggil kembali oleh Nathaniel, Barty menjelaskan segala yang dia lihat. Nathaniel kemudian mengerahkan semua jin yang dimilikinya untuk menangkap Clem Hopkins. Namun rupanya hal ini tidak semudah yang ia bayangkan, karena Clem Hopkis entah kenapa telah menjadi individu yang luar biasa.... Bahkan ia telah memiliki rencana agar para demon dapat berkuasa di dunia manusia.

No comments:

Post a Comment