Pages

Tuesday 5 November 2013

Percy Jackson & The Olympians - The Lightning Thief



Author : Rick Riordan
Price : Rp. 45.900,-
Penerbit : Mizan











Percy Jackson, dua belas tahun, penderita disleksia, hampir dikeluarkan dari sekolah asramanya ... lagi. Tetapi itu hanya sedikit saja dari sekian masalah yang menantinya. Monster-monster dan dewa-dewi dari Gunung Olympus tampaknya berebutan keluar langsung dari buku pelajaran Sejarah Yunani milik Percy. Lebih parah lagi, Percy telah membuat beberapa di antara mereka marah besar. Petir asali milik Dewa Zeus telah hilang dicuri, dan Percy adalah tersangka utamanya.

Kini Percy dan dua orang kawannya hanya punya waktu sepuluh hari untuk mencari dan mengembalikan benda keramat tersebut dan mendamaikan kembali perang yang hampir pecah di Gunung Olympus. Tetapi tantangannya jauh lebih berat dari itu, Percy akhirnya harus berhadapan dengan kekuatan mengerikan yang bahkan lebih hebat dibandingkan pada dewa sendiri.


Awalnya gw ngerasa kalo buku ini ceritanya mirip Harry Potter, yah tiga sahabat, satu cewek dua cowok. Dan Percy pada mulanya ga tau klo dia demigod, dan banyak kejadian ajaib yang tiba-tiba menimpanya. Mirip kan?

Percy bersekolah di Akademi Yancy dengan guru favoritnya bernama Pak Brunner, saat karyawisata sekolah Percy tanpa sengaja membuat masalah dengan Bu Dodds, seorang guru yang sangat membencinya, oleh Bu Dodds Percy dipanggil ke ruangan kosong dimana tiba-tiba si guru berubah menjadi monster. Pak Brunner kemuadian datang dan melemparkan pena kepada Percy yang kemudian menjadi pedang, dengan sekali sabetan Percy berhasil membinasakan si monster.
Hanya saja setelah itu seluruh sekolah tidak ada yang menyadari kehadiran guru bernama Bu Dodds, ketika Persy bertanya kepada murid-murid mngenai Bu Dodds, mereka selalu memandangi Percy dengan aneh seolah tidak mengenali nama itu. Hanya Grover, sahabatnya, yang tidak dapat menyembunyikan fakta bahwa ia mengenali Bu Dodds.
Suatu malam, Percy tanpa sengaja mendengar perbincangan rahasia Grover dengan Pak Brunner mengenai nyawanya yang sedang terancam dan sesuatu tentang titik balik musim dingin. Mencurigakan bukan?
Ketika tiba waktunya liburan, Percy melarikan diri dari Grover yang menawarkan untuk mengantarnya hingga apartemen. Percy kemudian melanjutkan liburannya dengan pergi bersama ibunya ke pantai Montauk. Pada malam pertama mereka menginap disana terjadi hujan lebat dan badai, kemudian terdengar ketukan di pintu. Ternyata Grover telah berada di depan pintu pondok mereka dan meninggalkan samarannya sebagai manusia. Grover sebenarnya adalah seorang satir. Grover mengajak Percy ke Perkemahan Blasteran demi keamanannya, mereka diantar ke sana oleh ibu Percy. Sayang ditengah jalan mereka diserang oleh Minotaurus. Si minotaurus berhasil menghabisi ibu Percy dan sang ibu lenyap dalam pendar cahaya. Percy dan Grover terus berlari ke atas bukit hingga akhirnya mereka selamat.
Percy harus memulihkan diri di perkemahan, dan ketika telah sehat dia sangat terkejut ketika mengetahui bahwa Pak Brunner, gurunya yang dulu, ternyata merupakan seekor centaurus yang mengajar anak-anak di perkemahan cara untuk bertahan hidup.
Di perkemahan, Percy mempelajari banyak hal; memanah, berpedang, memanjat tembok, dll. Akhirnya ia mendapat misi dari Chiron, yaitu mengembalikan petir asali zeus yang dicuri. Siapakah pencurinya? Percy, sebagai putra Poseidon sang dewa laut, dituduh mencurinya. Untuk mencegah perang antar dewa, maka ia harus mengembalikannya. Percy pergi bertiga dengan Grover dan Annabeth. Mereka harus pergi ke dunia bawah untuk mengambil petir itu, kerena Hades sang Raja Dunia Bawah dicurigai sebagai pencurinya.
Maka dimulailah petualangan mereka bertiga melawan monster, bertemu para dewa, mampir ke Hotel dan Kasino Lotus, bertemu dengan Procrustes, dan masih banyak lagi.
Dan yang paling menantang adalah petualangan mereka di Dunia Bawah dan nyaris tergeret ke dalam Tartarus dan menyadari bahwa ada makhluk kuno yang tengah bangkit dari sana. Dan tentu saja misi pengembalian petir asali.

No comments:

Post a Comment