Pages

Monday 4 November 2013

The Graveyard Book


Cerita dari Pemakaman



Author : Neil Gaiman
Price : Rp. 55.000,-
Penerbit : GPU
Tebal : 360 hal







Nobody Owens––panggilannya Bod––adalah anak biasa, benar-benar biasa, seandainya dia tidak tinggal di kompleks pemakaman, dibesarkan oleh hantu-hantu, dengan wali yang tidak berasal dari dunia orang hidup maupun orang mati. Banyak petualangan di pemakaman itu, dan kalau Bod pergi ke dunia luar, dia terancam bahaya dari pria bernama Jack––yang telah membunuh seluruh keluarga Bod.
Pencerita ulung Neil Gaiman kembali menyajikan cerita tentang kehidupan dan kematian, kasih sayang dan tumbuh dewasa, serta menemukan keluarga di tempat-tempat yang tampaknya paling mustahil.



Penulis buku ini sama kayak yang nulis Coraline. Tau nonton filmnya?
Awal cerita adalah kedatangan seorang pria bernama Jack di rumah sebuah keluarga. Si pria bernama Jack ini berhasil membunuh ayah, ibu, dan seorang anak sulung perempuan, namun gagal membunuh si adik laki-laki karena si bocah kabur dari kamar tidurnya ke pemakaman di atas bukit. Pria bernama Jack lantas mengendus baunya dan mengikutinya. Pria bernama Jack telah berhasil mengikuti hingga memasuki gerbang, namun ia bertemu dengan Silas, salah satu jenis penyendiri yang berpura-pura menjadi penjaga pemakaman tersebut. Dengan pengaruhnya, Silas berhasil membuat pria bernama Jack ini kembali menuruni bukit.
Si bocah ini sendiri ditemukan oleh seorang hantu yang tinggal di pemakaman tersebut, namanya Mrs. Owens. Lantas Mrs. Owens dan suaminya memutuskan untuk mengasuh bayi itu. Banyak penghuni pemakaman lain yang tidak setuju, namun akhirnya mereka mau mengasuh si bocah setelah kedatangan wanita penunggang grey. Silas sendiri menawarkan untuk menjadi wali si bocah dan berjanji memenuhi kebutuhan-kebutuhannya, seperti makanan dsb.
Anak kecil ini akhirnya diberi nama Nobody Owens, dan dipanggil Bod. Sebagai penghuni pemakaman ia diberi Kebebasan Pemakaman sehingga dia dapat melalui jalan-jalan yang tidak dapat dilalui orang hidup, menembus tembok, melihat dalam gelap, dll.
Dan tentu saja sahabat-sahabat Bod adalah hantu-hantu yang tinggal di pemakaman.
Buku ini mengisahkan kehidupan Bod saat di pemakaman; ketika dia tanpa sengaja masuk ke gerbang ghoul, bagaimana dia menemukan dan menjelajahi makam tertua, kisahnya mencarikan batu nisan untuk temannya, saat dia pertama berkenalan dengan gadis manusia, dan saat-saat ketika dia bersekolah.
Dan tentu saja terutama kisah Bod dan pria bernama Jack yang ingin membunuhnya. Sehingga Bod tidak boleh tampil mencolok dan harus bersembunyi hingga pria bernama Jack ini berhasil dibunuh.
Siapakah yang akan membantu Bod membunuh pria bernama Jack? Mengapa pria bernama Jack ingin membunuh Bod?
Yep baca aja ceritanya, buku ini mengenai kisah anak-anak tapi disertai sentuhan sang penulis sehingga terasa mencekam. Gw paling suka buku kayak gini.

No comments:

Post a Comment